Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Indonesia Terpilih Kembali sebagai Anggota Dewan IMO Kategori C 2018 – 2019


PEMUDA MARITIM – Setelah melalui rangkaian sidang International Maritime Organization (IMO) Assembly ke-30 sejak Senin (27/12) lalu, Delegasi Indonesia yang dipimpin Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berhasil melaksanakan tugas dengan membawa negara Indonesia tepilih kembali menjadi anggota Dewan IMO kategori C, periode 2018-2019.

Keberhasilan Delegasi Indonesia membawa Indonesia berada pada posisi ke delapan kategori C dengan nilai 132 suara di Sidang IMO Assembly ke-30, ditentukan proses voting yang berjalan lancar dan dipimpin langsung oleh Sekjen IMO Kitack Lim di kantor IMO, Lambeth London selatan, Inggris, Jumat petang (1/12).

Terpilihnya kembali Indonesia sebagai anggota Dewan IMO kategori C merupakan buah dari diplomasi yang dilakukan delegasi ke para negara anggota. Selain itu, Indonesia juga melakukan langkah nyata dengan melakukan ratifikasi aturan maupun protokol yang diterapkan IMO.

Menjadi anggota Dewan IMO kategori C, Indonesia memiliki posisi tawar cukup tinggi dan fungsi penting serta strategis dalam banyak hal di bidang transportasi laut. Bahkan Indonesia ikut menentukan arah dan kebijakan penyusunan aturan maritim internasional yang juga berpengaruh terhadap kebijakan maritim nasional.

Adapun anggota kategori C terdiri dari negara-negara berkepentingan khusus dalam angkutan laut dan mencerminkan pembagian perwakilan yang adil secara geografis. Selain Indonesia yang berada di urutan delapan, 19 negara lain juga masuk kategori C, yakni Singapura, Turki, Cyprus, Malta, Maroko, Mesir, Meksiko, Malaysia, Peru, Belgia, Chili, Filipina, Denmark, Afrika Selatan, Jamaika, Kenya, Thailand, Liberia dan Bahama.



Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply