Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Jelajah Wisata Bahari Pulau Pahawang


PEMUDA MARITIM – Pahawang menjadi primadona baru destinasi wisata bahari di kalangan wisatawan. Pulau dengan luas sekitar 1.804 hektar ini terletak di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan. Lanskap bawah laut perairan Pulau Pahawang dan keragaman biota laut  yang hidup di dalamnya menjadi daya tarik utama pulau tersebut.

Ada banyak spot snorkeling di perairan Pulau Pahawang dan sekitarnya. Masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Di spot snorkeling Cukuh Bedil, misalnya, terdapat plang bertuliskan "Taman Laut Pahawang" di bawah air. Sedangkan di spot Gosong Bekri, terdapat candi yang sengaja dibuat untuk menarik perhatian pengunjung. Ada satu kesamaan di antara semua spot, yakni transplantasi terumbu karang.

Bibit-bibit terumbu karang berjajar rapi di atas semacam para-para yang dibenamkan di dasar laut. "Transplantasi karang ini upaya penduduk setempat untuk menjaga ekosistem karang. Karena kalau nggak begitu, karang bisa hancur," ujar salah seorang pemandu wisata, M Syaiful Anwar atau akrab disapa Ipung kepada National Geographic Indonesia di Pulau Pahawang, Sabtu (16/4).

Selain snorkeling, pelancong dapat bermain-main di pantai pulau sekitar Pahawang. Tak perlu khawatir akan terseret arus laut, sebab ombak di perairan ini relatif tenang. Hamparan pasir putih dan air laut biru jernih juga akan menjadi latar belakang menawan untuk berswafoto atau berfoto bersama.

National Geographic Indonesia berkunjung ke Pulau Pahawang  dalam rangka media trip yang diselenggarakan oleh Mal Ciputra Jakarta bersama dengan Tripvisto akhir pekan lalu, 16-17 April 2016.

"Kegiatan ini merupakan ‘pemanasan’ sebelum digelarnya Festival Wisata Domestik 2016, sebuah event kerja sama antara Mal Ciputra Jakarta dengan Tripvisto," ujar Rida Kusrida selaku  Humas Mal Ciputra Jakarta, Sabtu (16/4).

Festival tersebut rencananya akan dilaksanakan mulai tanggal 27 April hingga 8 Mei 2016 di Center Court lantai Lower Ground Mall Ciputra Jakarta dan akan diikuti oleh puluhan agen tour & travel khusus destinasi domestik dari berbagai daerah di Indonesia. Di sana, pengunjung dapat berburu berbagai paket liburan langsung dari agen tour dan travel yang berasal dari daerah tujuan wisata.



Sumber: nationalgeographic.co.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply