Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Menelusuri Keindahan Pulau Tumbak


PEMUDA MARITIM – Di Sulawesi Utara, Ada sebuah destinasi wisata bahari yang tidak kalah indah dengan Bunaken. Lokasi pulau ini berada di Kecamatan Posumaen, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. Pulau tersebut bernama Tumbak, sebuah pulau tak berpenghuni yang memiliki keindahan dan sangat menarik untuk ditelusuri.

Nama Tumbak sendiri diambil dari nama Desa Tumbak yang dekat dari pulau tersebut. Desa ini dikaruniai keindahan alam yang sangat menakjubkan. Salah satu hal yang menjadi karakteristik Pulau Tumbak dan tidak dimiliki oleh Bunaken adalah pulau-pulau kecil berpasir putih.

Bayak kegiatan yang bisa Sahabat Sporto lakukan di pulau kosong ini. Seperti memancing, snorkeling dan diving atau sekedar santai menikmati indahnya pulau sembari mendengarkan deburan ombak serta desiran angin laut yang berbisik lembut.

Di bagian tenggara pulau ini terdapat bukit yang jadi destinasi favorit wisatawan. Sahabat Sporto bisa mendaki bukit kecil ini dan melihat keindahan alam Pulau Tumbak dari atas bukit yang begitu menakjubkan. Dari atas bukit ini akan terpajang keeksotisan hamparan biru laut bermahkota langit biru dan gugusan pulau yang cantik.

Di bukit ini, Sahabat Sporto juga bisa melihat padang savana yang belum banyak terekspos dan dijamah oleh manusia. Rimbunnya pepohonan hijau yang menghiasi pulau ini sangat memanjakan mata. Panorama indah dari bukit ini pun kerap dijadikan sebagai incaran untuk swafoto para wisatawan yang berkunjung.

Selain bukitnya yang indah, cara lain untuk mengeksplorasi keindahan pulau seluas satu hektare ini dengan menggunakan perahu sembari menikmati birunya laut Pulau Tumbak. Jika ingin sedikit nuansa bertualang, Sahabat Sporto bisa trekking mengelilingi hutan mangrove atau pulau-pulau cantik berpasir putih di sekitar Tumbak.

Setelah puas menikmati daratan Pulau Tumbak yang memesona, keindahan bawah laut di pulau ini juga sangat sayang jika tidak di jelajahi. Jernihnya air laut di berwarna biru sungguh indah dipandang, bahkan karena sangat jernih, membuat hamparan koral indah terlihat dengan sangat jelas dari permukaan.

Di pulau ini ada sekitar 20 titik snorkeling dan diving. Cukup menyelam di kedalaman 3 sampai 6 meter di bawah permukaan laut, Sahabat Sporto bisa menemukan keberadaan kipas laut yang menawan dan menarik. Saat snorkeling, mata Sahabat Sporto juga akan dimanjakan dengan kehidupan ratusan spesies ikan yang cantik.



Sumber: sportourism.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply