Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Pantai Kilo Lima, Ikonnya Kota Luwuk


PEMUDA MARITIM – Ayo traveling ke Luwuk, Sulawesi Tengah. Pantai Kilo Lima jadi ikon yang musti dikunjungi kalau liburan ke sini.

Pantai Kilo Lima membentang di garis terdepan Kota Luwuk. Layaknya pantai ikonik di kota-kota lainnya di Indonesia, Pantai Kilo Lima juga ditandai dengan papan nama besar yang bisa digunakan wisatawan sebagai backround foto-foto selfie.

detikTravel berkunjung ke Pantai Kilo Lima pekan lalu. Namanya yang cukup unik, mengundang pertanyaan yang menggelitik di benak saya. Mengapa mesti kilo lima?

"Orang Luwuk itu punya kebiasaan menyebut nama tempat sesuai dengan jarak. Contohnya, rumahmu dimana? Itu, ada di kilo delapan, atau di kilo tujuh. Titik nol kilometer di Luwuk itu dekat kantor pos. Dari situ, pantai ini ada di titik lima kilometer. Jadilah Pantai Kilo Lima," terang Iwan Rusly, warga asli Luwuk yang menemani perjalanan detikTravel.

Menurut Iwan, kebiasaan menyebut nama tempat sesuai dengan jaraknya ini sudah berlangsung sejak turun temurun. Mungkin saja kebiasaan ini diwariskan sejak zaman kolonial Belanda dan terbawa sampai sekarang. Unik memang!

Pantai Kilo Lima sendiri punya garis pantai yang panjang. Letaknya memang seperti berada di atas tebing kecil. Bau-batu besar penahan ombak pun menghiasi pantai ikonik ini.

Untuk menuju ke bawah, traveler bisa turun menggunakan tangga beton bercat merah yang sudah disediakan. Traveler bisa sekadar bermain air sambil celap-celup kaki di sini.

Warna air laut di depan Pantai Kilo Lima sendiri sangat menggoda. Biru muda bergradasi dengan warna yang lebih tua berpadu cantik sejauh mata memandang.

Lebih asyiknya lagi, pantai ini punya tutupan terumbu karang yang masih alami. Dari kejauhan traveler bisa melihat, terumbu karangnya masih sangat sehat dengan ikan berwarna-warni berenang di antaranya. Gila, keren banget!

Traveler bisa berkeliling Pantai Kilo Lima ini naik kapal milik warga setempat. Aktivitas snorkeling sepertinya bisa juga dilakukan di pantai ini. Tetapi sebaiknya ditemani oleh warga yang paham betul dengan karakter pantai ini.

Kalau sedang tidak berminat buat basah-basahan, cukup memandang keindahan laut Luwuk dari atas Pantai Kilo Lima rasanya asyik juga. Disediakan bangku-bangku buat duduk di pantai ini. Melewatkan senja di Pantai Kilo Lima jadi pilihan kegiatan yang mesti kamu coba kalau liburan ke Luwuk.



Sumber: detik.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply