Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Surganya Bintang Laut Sibolga Ada di Sini?


PEMUDA MARITIM – Sibolga merupakan kota pesisir yang ada di Sumatera utara. Masih banyak yang belum tau kalau Sibolga punya pantai yang isinya bintang laut, Pandaratan.

Kota Sibolga, Sumatera Utara memiliki banyak destinasi wisata seru. Yang paling populer adalah Pulau Poncan, Air terjun Pulau Mursala dan Tangga Seratus. Tapi tidak banyak tahu jika Sibolga juga punya Pantai Pandaratan yang letaknya tersembunyi dan menjadi 'sarang' bintang laut.

Pantai Pandaratan sebetulnya berada di Pondok Batu, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah, namun akses masuk ke tempat ini berada di perbatasan Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah, sehingga warga setempat lebih failiar menyebut Pandaratan berada di Sibolga.

Tidak seperti pantai lain misalnya pantai Pelabuhan Lama dan Pantai Hollywood Pandan, Pandaratan belum terlalu ramai dikunjungi. Maklum, lokasinya cukup tersembunyi, berada di balik bukit dan lumayan jauh dari jalan raya utama.

Kendati demikian, bukan berarti sulit dijangkau, aksesnya cukup mudah lantaran bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi, bentor dan juga angkutan kota yang sesekali mengantar penumpang ke perkampungan terdekat.

Sebelum menuju ke pantai Pandaratan, pengunjung harus menyusuri jalan dengan kontur sedikit menanjak ke atas bukit terlebih dahulu. Di atas bukit ini, pemandangan laut Samudera Hindia dan Kota Sibolga sangat menakjubkan.

Tapi, itu baru secuil keindahan yang bisa didapatkan di pandaratan, pesona sebenarnya adalah pantainya. Untuk menunju ke pantai, kita harus sedikit menuruni bukit. Sedikit saja, sebelum pasir putih dan jernihnya air pantai Pandaratan bisa digapai.

Ada hikmah tersendiri ketika Pandaratan belum begitu populer di kalangan wisatwan, yakni pantainya yang masih bersih. Lokasi Pandaratan yang tersembunyi juga membuat air lautnya jernih dan menyimpan harta karun berharga yakni bintang laut.

Bukan hanya satu dua, bintang laut ini berjumlah ribuan, saat pertama kali melihat saya cukup kaget, lantaran ini adalah bintang laut paling banyak yang pernah dilihat.

Keberadaan bintang laut di Pandaratan cukup membuat saya penasaran, saat dicari tahu ke nelayan sekitar, diketahui jika Pandaratan memang menjadi sarang bintang laut karena lokasinya yang masih asri dan pantainya landai karena diapit oleh Pulau Poncan.

Untuk menikmati pesona Pandaratan, hingga saat ini belum ada retribusi masuk. Pengunjung bisa mengakses tempat ini melalui Kota Sibolga maupun Pandan ke arah Jalan Gatot Subroto atau Pondok Batu.



Sumber: detik.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply