Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Amankan RI I, KRI Todak-631 Sandar di Pontianak


PEMUDA MARITIM – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) Endi Supardi diwakili oleh Paban Ops Sops Lantamal XII Pontianak Letkol Laut (P) Yulianto beserta Prajurit Lantamal XII Pontianak menerima kedatangan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Todak-631 yang bersandar di dermaga Dwikora 03 Pontianak, Kalimantan Barat.

KRI Todak-631 yang dikomandani Letkol Laut (P) Dian Wahyudi A.W, S.T, M.Tr. Hanla., merupakan salah satu unsur Satuan Kapal Cepat Komando Armada RI Kawasan Barat (Satkat Koarmabar) sebagai kapal perang anti kapal permukaan. Buatan anak bangsa oleh PT PAL Indonesia ini merupakan kapal pertama dalam seri FPB-57 Nav V untuk TNI Angkatan Laut. Diluncurkan dari galangan pada tahun 1999 dan masuk ke jajaran Armada TNI Angkatan Laut pada tahun 2000.

KRI Todak-631 memiliki bobot pada muatan penuh 445 ton. Dengan dimensi 58,10 m x 7,62 m x 2,85 m. Ditenagai oleh 2 mesin diesel, 2 shaft menghasilkan 8,850 shp yang sanggup mendorong kapal hingga kecepatan 27 knot.

Dipersenjatai 2 rudal permukaan C 802 dengan jangkauan maksimal sekitar 130 Km, Meriam Bofors SAK 57/70 berkaliber 57 mm dengan kecepatan tembakan 200 rpm, jangkauan 17 Km untuk target permukaan dan udara dengan pemandu tembakan Signal LIROD Mk, Meriam Bofors SAK 40/70 berkaliber 40 mm dengan kecepatan tembakan 300 rpm, jangkauan 12 Km untuk target permukaan dan udara dan Kanon Penangkis Serangan Udara Rheinmetall kaliber 20 mm dengan kecepatan tembakan 1000 rpm, jangkauan 2 Km untuk target udara.

Tujuan kedatangannya di dermaga Dwikora untuk melaksanakan Operasi Lintas Laut wilayah Barat. Selain itu, kapal ini  juga melakukan tugas pengamanan unsur laut dalam rangka kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. H. Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam menghadiri Natal Nasional di Kota Pontianak Kalimantan Barat, serta melibatkan Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Lantamal XII Pontianak yang terdiri dari KAL Lemukutan II-12-15, Patkamla Kapal Motor Cepat (KMC) dan Patkamla Sea Reader II-12-30.

Turut hadir pada kegiatan merflu KRI Todak-631 di Dermaga Dwikora 03 Pontianak, Paban Ops Sops Lantamal XII Pontianak Letkol Laut (P) Yulianto, para Kadis/Kasatker Lantamal XII beserta para Prajurit Bintara dan Tamtama Lantamal XII Pontianak.



Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply