Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Bentuk Karakter Bangsa Maritim, Lanal Sabang Beri Kuliah Umum Mahasiswa Budidaya Perairan


PEMUDA MARITIM – Dalam rangka kerja sama di bidang kemaritiman, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Sabang menerima kunjungan mahasiswa Universitas Malaikussaleh Lhokseumawe, Selasa (22/1). Dalam kunjungan tersebut,  juga diselenggarakan kuliah umum bagi mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Malaikussaleh Program Studi Budidaya Perairan angkatan tahun 2016.

Kuliah umum yang dilaksanakan di Mako Lanal Sabang ini dalam rangka fieldtrip dan pratikum mahasiswa program study budidaya perairan dan dibuka oleh Palaksa Lanal Sabang Mayor Laut (PM) Ahmad Azahari, SH, MH. yang mewakili Komandan Lanal Sabang.

Pada kuliah umum dengan tema "Peran TNI AL dalam menjaga pulau pulau terluar dinegara kesatuan Republik Indonesia" pemateri yang dihadirkan adalah Pasops Lanal Sabang Mayor Laut (P) Yoni Kusumawan menyampaikan materi tentang negara maritim.

Pemateri menyampaikan bahwa sejarah membuktikan Sriwijaya dan Majapahit disegani karena dapat menggunakan/mengolah wilayah laut dengan baik untuk itu mari kita bersama sama membangkitkan kekuatan maritim sehinga dapat menuju Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Dilihat dari aspek georafis yang mana negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri lebih dari 17.000 pulau dengan 111 pulau pulau kecil terluar yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

"Dalam hal ini TNI AL telah melakukan upaya-upaya untuk melakukan pengawasan dan pengamanan diantaranya melakukan patroli dengan KRI, KAL, maupun Pesawat Patroli TNI AL untuk menyingahi pulau-pulau terluar baik yang berpenghuni maupun yang tidak dihuni. Kehadiran unsur TNI AL tersebut dapat menjadi bukti kepemilikan pulau sekaligus untuk memberikan dampak penangkalan, selain juga untuk melakukan pendekatan dengan warga masyarakat supaya tetap merasa sebagai bagian dari Negara Indonesia," jelas pemateri kuliah umum ini.

TNI AL juga melaksanakan Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya (SBJ) sebagai wujud kepedulian dan peran serta TNI AL dalam mendinamisasikan pembangunan daerah terpencil khususnya pulau-pulau kecil yang tidak terjangkau oleh transportasi darat maupun udara.

Hadir dalam kuliah umum tersebut Kepala Prodi Budidaya Perairan Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh Munawar Khalil, SPi, MSi. yang diikuti oleh 77 orang mahasiswa dan dosen pembimbing.



Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply