Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Bentuk Nyata Bela Negara, Unhan Apresiasi Ekspedisi Batas Negeri UKM IPB


PEMUDA MARITIM – Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Universitas Pertahanan (Unhan) Laksda TNI DR. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D. memberikan apresiasi tinggi kepada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Institut Pertanian Bogor (IPB) atas keberhasilan penyelenggaraan Ekspedisi Batas Negeri sebagai bentuk nyata program Bela Negara Kemhan di kalangan intelektual muda.

Apresiasi tersebut disampaikan ketika menjadi pembicara pertama pada Seminar Nasional bertema "Ekspedisi Batas Negeri 2018: Eksplorasi Pulau Rondo dan Pulau Weh, Nanggroe Aceh Darussalam". Pada tanggal 14 Januari 2018 bertempat di Gedung Auditorium Andi Hakim Nasution, Kampus IPB Dramaga, Bogor, seminar dihadiri para pejabat dari Kemen LH dan Kehutanan, IPB, Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), Pemprov Aceh, Himpunan Alumni IPB, LSM dan beberapa tokoh masyarakat serta ratusan mahasiswa.

Pembicara kedua Faisal Azwar, S.T., M.T. dari BAPPEDA Sabang dan pembicara ketiga adalah DR. Edi Mirmanto, M.Sc. dari Puslit Biologi LIPI.

Seminar diselenggarakan untuk ketiga kalinya setelah UKM IPB dari Unit Konservasi Fauna berhasil menembus Pulau Rondo pada tahun 2017. Ekspedisi yang pertama ketika menjelajahi Pulau Dana di NTT tahun 2014 dan yang kedua di Pulau Sekatung, Natuna, Kepri tahun 2015.

Para mahasiswa IPB berhasil mencapai pulau-pulau terluar RI tersebut menggunakan kapal-kapal perang TNI AL. Selama berada di pulau-pulau terluar mereka berinteraksi dengan para prajurit TNI yang bertugas menjaga pulau bersama petugas-petugas dari Ditjen Hubla Kemenhub serta masyarakat nelayan.

Tugas para mahasiswa adalah mengeksplorasi keanekaragaman hayati dan sosial budaya untuk selanjutnya semua spesies diteliti guna kepentingan akademis. Kehidupan para prajurit TNI selama tugas berbulan-bulan bersama masyarakat di wilayah yang jauh terpencil juga menjadi fokus penelitian para mahasiswa.

Selama ekspedisi, semangat patriotisme dan nasionalisme membara di dada para mahasiswa mengingat medan yang harus dilalui memiliki tingkat bahaya dan kesulitan yang tinggi.

Penting bagi Unhan bahwa ekspedisi semacam ini dapat diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa dari berbagai universitas dan perguruan tinggi lainnya secara rutin hingga keseluruhan 92 pulau terluar sepanjang perbatasan maritim Indonesia dapat dijelajahi.



Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply