Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Inilah Pantai yang Diceritakan Laskar Pelangi


PEMUDA MARITIM – Nusa Penida, 'Surga' yang Menanti KamuPantai Tanjung Tinggi telah menjadi salah ikon pariwisata di Belitung. Pantai yang memiliki pemandangan eksotis inilah yang diceritakan dalam Laskar Pelangi.

Pantai yang Berada di antara Tanjung Kalam dan Tanjung Pendam ini mempunyai nama yang diambil dari kata 'tanjung' yang diartikan semenanjung dan 'tinggi' yang berarti bebatuan tinggi. Pantai Tanjung Tinggi Belitung memiliki memiliki luas tak kurang dari 80 hektar yang didominasi pasir putih.

Terdapat puluhan batu granit berukuran besar yang tersebar di sekitar pantai. Ukuran batu granit tersebut bervariasi, namun didominasi oleh ukuran yang besar - besar, bahkan ada yang mencapai tinggi setara rumah lantai dua. Pantai Tanjung Tinggi kini terkenal dengan sebutan Pantai Laskar Pelangi, karena film fenomenal yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata, Laskar Pelangi.

Keindahan alam yang terekam di film Laskar Pelangi tersebutlah yang membuat banyak pengunjung penasaran dengan pantai ini. Meski dijadikan tempat syuting dan ramai pengunjung tak lantas menjadikan Pantai Laskar Pelangi ini kotor atau kehilangan pesonanya. Perpaduan dari putihnya pasir, jernihnya air laut, dan hamparan batu granit beraneka ukuran menjadi magnet tersendiri di pantai ini.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pantai Laskar Pelangi ini adalah sore hari, menjelang sunset. Sinar matahari berwarna jingga yang terpantul di jernihnya air laut, serta penampakan matahari yang kembali ke peraduannya dari celah batu granit menjadikan suasana saat itu sungguh indah mempesona. Di saat itulah biasanya para pengunjung berlomba-lomba untuk memotret momen sunset tersebut.

Aktivitas yang bisa kita lakukan di sini adalah menyelam dan berenang. Pantai ini cenderung memiliki perairan yang tenang dan dangkal sehingga memudahkan kita untuk berenang dan menikmati pantainya. Selain itu, kita bisa bermain dan naik ke atas batu granit untuk sekedar menikmati alam atau berselfie ria. Tenang saja untuk memudahkan pengunjung menaiki batu, pengelola telah menyiapkan tangga kok.

Untuk mencapai Pantai Tanjung Tinggi ini, traveler harus menempuh kurang lebih satu jam perjalanan dari Bandar Udara HAS Hanandjoeddin dengan menggunakan kendaraan pribadi. Meski jaraknya cukup mudah dijangkau, disarankan pengunjung untuk sewa mobil atau motor sendiri di Belitung untuk menikmati pantai ini, karena sangat sulit untuk mencari moda transportasi umum di Belitung.



Sumber: detik.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply