Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Pantai Walengkabola, Pantai Pasir Putih Nan Indah di Kabupaten Muna


PEMUDA MARITIM – Selain Bungin Pinungan yang ada di Pulau Towea, Kabupaten Muna juga memiliki pantai yang sangat indah dan mempesona. Pantai pasir putih yang memanjang sejauh kurang lebih satu kilometer di sisi barat Selat Buton, selat yang menghubungkan Pulau Muna dan Pulau Buton. Pantai ini dikenal sebagai Pantai Walengkabola.

Pantai Walengkabola terletak di Desa Oempu, Kecamatan Tongkuno, Kabupaten Muna. Untuk sampai ke Pantai Walengkabola dari Kota Raha dapat menggunakan angkutan darat sejauh 72 km dan ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam. Pantai Walengkabola sudah cukup terkenal, bukan hanya oleh masyarakat Kabupaten Muna, tetapi juga masyarakat Buton Tengah, mengingat jarak Pantai Walengkabola dengan Buton Tengah sangat dekat.  Walengkabola bagian selatan berbatasan langsung dengan Kabupaten Buton Tengah. Pantai Walengkabola merupakan tempat liburan keluarga yang sangat digemari oleh masyarakat Muno maupun Buton tengah.

Bagi yang sering melalui selat Buton dari Kota Baubau ke Kota Kendari, tentunya pantai ini tidak asing lagi, karena pemandangan pantai ini sangat indah tatkala kita memandangnya dari tengah laut saat kita berlayar menuju Kota Raha dari Kota Baubau. Pantai Walngkabola mungkin satu dari sedikit pantai di Indonesia yang masih terdapat pohon kelapa, nyiur melambai-lambai seolah menjamu dan memberi kesejukan para pengunjungnya.

Di samping keindahan pantainya, hal menarik yang bisa dijumpai di Walengkabola adalah banyaknya gua-gua yang merupakan sumber mata air bagi masyarakat. Tidak mengherankan jika nama-nama kampung di Walengkabola banyak yang menggunakan kata “Oe” dalam bahasa Muna artinya air, misalnya desa Oempu, Oengkawora, Oemotongkano, Oekalimbungo, dan lain-lain. Bahkan tidak jauh dari Pantai Walengkabola terdapat sebuah danau bersih berwarna biru yang juga menjadi destinasi wisata para pengunjung Walengkabola.

Walengkabola merupakan destinasi wisata favorit di samping karena keindahan alamnya, juga karena masyarakatnya ramah. Di samping itu, di Walengkabola akan dijumpai banyak jenis kuliner berbasis makanan laut segar yang tentu akan sangat memanjakan para pengunjung. Masyarakat Walengkabola juga dikenal sebagai masyarakat yang sangat menghormati tamunya. Sehingga siapapun yang akan berkunjung kesana akan merasakan suasana yang nyaman.



Sumber: munabangkit.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply