Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Temui Aliansi Nelayan Indonesia, Presiden; Nelayan Cantrang Boleh Kembali Melaut

Pertemuan perwakilan Nelayan Cantang se Indonesia dengan Presiden Joko Widodo di Rumah Makan Sate Batibul kabupaten Tegal/ doc. Humas Bupati Rembang
PEMUDA MARITIM – Tegal (15/01) Presiden Joko Widodo berkunjung ke Kabupaten Tegal, hal ini disambut oleh para nelayan terutama bagi nelayan pengguna alat tangkap Cantrang. Tidak hanya nelayan Tegal namun juga nelayan yang tergabung dalam Aliansi Nelayan Indonesia (ANNI)

Kepada pemudamaritim.com humas (ANNI) menyampaikan hasil pertemuan perwakilan nelayan dengan Presiden RI Joko Widodo yang bertempat di rumah makan Sate Batibul Kab. Tegal.

Dalam kesempatan itu, perwakilan ANNI yanh berjumlah 16 orang menyampaikan masalah-masalah terkait dengan berakhirnya perpanjangan nelayan dengan alat tangkap cantrang dimana akan dimulai pemberlakuan PERMEN KP RI No. 71 tahun 2016.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Pati, Bupati Rembang, Bupati Tegal, Bupati, Pekalongan dan Bupati Batang.

ANNI memohon kepada Presiden Joko Widodo terkait kelangsungan hidup bagi para Nelayan Cantrang, yaitu :
- Pemerintah Melegalkan Cantrang secara Nasional atau
- Pemerintah memberikan masa transisi kepada nelayan cantrang sampai dengan akhir Desember 2019 (masa transisi selama 2 Tahun).

Presiden Joko Widodo, menanggapi, bahwa Nelayan Cantrang boleh bekerja/melaut kembali tidak ada batasan waktu sampai nanti dari Pemerintah Pusat bersama-sama dengan nelayan akan melakukan uji petik penggunaan alat tangkap cantrang.

Sedangkan terkait dangan rencana aksi keberangkatan massa nelayan ke Jakarta, akan tetap dilaksankan. Namun kegiatan hanya 1 hari yaitu pada tanggal 17 Januari 2018 dengan agenda ISTIQOSAH dan APEL KEBANGSAAN NELAYAN, bertempat di halaman Monas Jakarta. Hal tersebut dikarenakan dari masing2 wilayah sudah terlanjur memesan armada Bus.


**
Dikutip dari Instagram Bupati Rembang;
"Td sy d panggil pak presiden membahas isu pelarangan cantrang yg bertempat di Tegal, dan hasilny utk saat ini nelayan cantrang boleh melaut lg sambil menunggu bsok rabu apakah akan di perpanjang atau di legalkan.." @bupati_rbg



Sumber: Humas Aliansi Nelayan Indonesia

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply