Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Weekend ke Karimunjawa, Asyiknya Ngapain Aja?


PEMUDA MARITIM – Karimunjawa dalah pesona wisata Jawa Tengah yang mesti kamu kunjungi weekend ini. Kamu bisa melakukan aneka aktivitas yang asyik di sini. Apa saja?

Bergelar Taman Nasional sejak tahun 2002 membuktikan keanekaragaman hayati laut Karimunjawa memang luar biasa besar. Berjarak tak begitu jauh dari Kota Jepara, menjadikan Karimunjawa adalah salah satu destinasi unggulan di Jawa Tengah.

Para pelancong pun pasti akan memasukkan nama Karimunjawa sebagai destinasi impian mereka. Begitupun juga kami yang rela datang jauh jauh dari Bogor, Jakarta, dan Surabaya untuk sejenak melepas penat dari keriuhan kota.

Sudah terbayang keindahan yang nanti akan kita temui sepanjang 3 hari ke depan. Mulai dari pulau-pulaunya yang tenang, keindahan bawah lautnya yang mempesona, bukit-bukitnya yang begitu indah menjulang, hingga kehidupan warga dan kuliner yang bisa ditemui.

Inilah spot spot yang wajib didatangi dan kegiatan yang dapat dilakukan jika berkunjung ke Karimunjawa.


1. Island Hopping, Berkeliling Pulau-Pulau

Karimunjawa merupakan daerah kepulauan yang mempunyai puluhan pulau pulau kecil yang tersebar. Island Hopping atau pergi dengan kapal kecil untuk berkunjung ke antar pulau adalah kebutuhan utama.

Mas Alam adalah pemandu kami saat itu. Dengan pengalaman dan intuisinya selama puluhan tahun, Mas Alam membawa kami ke pulau-pulau dengan spot menarik, di antaranya adalah Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Geylang yang mempunyai hamparan pasir putih nan luas, Pulau Cemara Besar, sebuah pulau yang memiliki bentangan pasir putih cukup luas ketika air laut surut dan masih banyak yang lainnya.


2. Snorkeling Melihat Keindahan Bawah Laut

Datang ke Karimunjawa tanpa menikmati keindahan bawah lautnya bagai sayur tanpa garam dan pasti terasa hambar. Snorkeling atau Diving adalah hal wajib yang harus dilakukan. Bagi kalian yang tak bisa berenang pun tak perlu untuk takut karena sudah lifejacket yang akan membuat kalian mengapung, juga ada guide yang siap menjaga dan mengawasi kegiatan snorkeling kita.


3. Menikmati Sunset di Pantai Tanjung Gelam

Pantai ini sudah sangat popular di kalangan wisatawan, karena hampir setiap kapal yang membawa wisatawan sore itu pasti mampir di Tanjung Gelam sebagai persinggahan terakhir mereka. Saking ramainya bahkan bibir pantai pun penuh dengan deretan kapal yang bersandar. Fasilitas yang ada pun cukup lengkap mulai dari warung warung makan hingga toilet pun tersedia.

Yang menjadi daya tarik utama di Tanjung Gelam ini adalah panorama sunsetnya. Setelah tenaga terkuras seharian hal yang paling nikmat adalah menikmati perubahan warna hari di pantai ini. Secara perlahan lahan seiring dengan tenggelamnya matahari warna pun nampak mengikuti berubah menjadi siluet siluet yang menakjubkan.

Deretan pohon-pohon yang condong ke pantai pun menambah semarak. Waktu waktu dimana cahaya cahaya ajaib ini sebagian orang menyebutnya Golden Times. Siapa yang tak terpesona menikmati permainan cahaya dari sunset nan romantis ini?


4. Melihat Karimunjawa dari Atas Ketinggian di Bukit Love

Tak hanya melulu soal laut jika berbicara tentang Karimunjawa, daratan pulaunya yang berbukit bukit pun mempunyai daya tarik yang tak kalah indah. Salah satu yang paling popular di kalangan wisatawan adalah Bukit Joko Tuo dan Bukit Love.


5. Trekking di Hutan Mangrove

Jaraknya memang lumayan jauh dari pusat Kota Karimunjawa namun jika masih punya waktu wajib sempatkan datang ke Hutan Mangrove nya, dijamin akan terpesona dan dan dapat menikmati Karimunjawa dari sisi yang lain.

Begitu kaki melangkah masuk melewati gerbang deretan pohon pohon mangrove pun langsung membentuk kanopi alami. Suasana mendadak teduh karena sinar matahari terhalang masuk dari rapatnya dedaunan mangrove.

Melihat suasana yang begitu ikonik ini tangan rasanya gatal untuk tak memencet tombol shutter kamera dan mengabadikan semua momen yang ada. Di beberapa titik kami temui papan informasi yang dipasang di pinggir walking trek. Kami pun mendapat edukasi mengenai flora dan fauna yang terdapat di hutan mangrove ini.



Sumber: detik.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply