Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Keunikan Pulau Keffing, Pulau Penuh Nutrisi di Maluku


PEMUDA MARITIM – Pusat Penelitian Laut Dalam (P2LD) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ambon menemukan potensi kekayaan laut yang unik dan berharga di perairan Pulau Keffing, Kecamatan Seram Timur, Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku. Potensi itu cocok untuk wisata bahari dan meningkatkan kesejahteraan warga.

"Pulau Keffing itu unik, keunikannya tak dimiliki yang lain," kata Kepala Humas P2LD LIPI Ambon Roderock L. Ch. Dompeipen kepada Liputan6.com, Selasa, 30 Januari 2018.

Dari penelitian LIPI Ambon pada Desember 2017, misalnya, ditemukan ekosistem terumbu karang yang indah di dasar perairan Pulau Keffing yang cocok untuk wisata bahari. Selain itu, potensi lainnya juga unik.

Dompeipen menjelaskan, ada beberapa keunggulan tersendiri yang terdapat di perairan Pulau Keffing yang tak bisa ditemukan di mana pun yang ada di dunia. Kelebihan itulah yang dapat menyejahterakan warga sekitar jika dikelola secara baik.

"Perairannya kaya akan nutrisi. Itu yang membuat ikan julung-julung (Hemyramphus sp) tak pernah habis dieksploitasi di perairan Keffing," ujar Dompeipen.

Selain itu ada potensi teripang pasir yang dapat berkembang biak secara vegetatif dan generatif hanya dalam kurun waktu seminggu. Ada juga potensi cacing laut (Lyde oele) yang selalu muncul setiap bulan dan masih ada lainnya.


Cara Menuju Pulau Keffing

Pulau Keffing di daerah pesisir Kepulauan Seram bagian timur, diapit dua pulau lainnya yang saling berdekatan, yakni Pulau Seram dan Pulau Geser. Secara administratif ada dua desa yang mendiaminya sejak ratusan tahun lalu yakni Desa Keffing dan Desa Kellu.

Untuk sampai di sana, harus menempuh perjalan selama beberapa hari dari Kota Ambon. Jika menggunakan transfortasi darat bisa menyusuri Pulau Seram hingga Bula Ibu Kota Kabupaten SBT.

Kemudian menumpang kapal cepat atau kapal ferry ke Pulau Geser selanjutnya menyewa perahu bermesin tempel ke Pulau Keffing dengan harga di kisaran Rp 100 ribu waktu tempuh 30 menit.

Sementara dengan menggunakan kapal laut dari Ambon, perjalanan lebih efektif dan mudah, karena hanya menempuh satu kali persinggahan di Geser.



Sumber: liputan6.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply