Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Manjakan Mata dengan Menyelam ke Bawah Laut Pulau Abang


PEMUDA MARITIM – Pulau Abang merupakan salah satu pulau mungil di wilayah Batam, Kepulauan Riau. Lokasi ini cocok didatangi para penggemar wisata bawah laut karena keanekaragaman hayati yang memanjakan mata.

Hamparan pasir putih yang berpadu dengan air biru dipercantik dengan terumbu karang dan ikan berwarna-warni menghiasi indahnya bawah laut Pulau Abang. Dengan pesona alam itu, tak hanya mahasiswa yang rajin mendatangi untuk melaksanakan konservasi, tetapi juga para wisatawan yang hendak snorkeling dan menyelam.

Pulau Abang berjarak lebih kurang 125 km dari pusat Kota Batam. Anda bisa mencapainya dengan melintasi Jembatan 6 di tiga pulau besar yang dilalui, termasuk Pulau Remapang dan Galang.

"Pulau Abang untuk wisatawan Lokal masih kurang dikenal tapi untuk wisatawan mancanegara sering dikunjungi," kata Edi Lehman, salah satu pengelola wisata Pulau Abang, kepada Liputan6.com, Minggu, 2 April 2017.

Ia menyebut, selain turis dari Singapura dan Hong Kong, ada juga yang datang dari Australia, Selandia Baru, Inggris, dan Amerika. "Rata-rata pengunjung yang datang sebagian besar datang melalui travel," ujar Edi.

Untuk menuju ke sana, kita bisa menggunakan mobil menuju Jembatan 6. Patokan jembatan itu adalah keberadaan tower. Setelah melihat tower, Anda belok kiri menuju pelabuhan tempat pelelangan ikan.

Sesampainya di sana, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan kapal menuju Pulau Abang. Biasanya Anda ditagih ongkos Rp 40 ribu per orang untuk perjalanan setengah jam menuju ke tujuan.

"Biasanya ada paket travel yang bekerja sama dengan masyarakat ditawarkan," ujar Edi.

Paket travel yang ditawarkan biasanya berkisar dari Rp 350 hingga 500 ribu per orang tergantung travel-nya. Biaya itu meliputi ongkos dari Batam ke pelabuhan penyeberangan dilanjutkan ke Pulau Abang.

Sesampainya di sana, pengelola mengantarkan ke titik-titik penyelaman dengan menyediakan fasilitas alat snorkeling dan jaket pelampung.

"Ada pula makan siang, boarding pass dan mandi di homestay, coffee break, kelapa muda, dan underwater selfie," kata Edi.



Sumber: liputan6.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply