Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » 4 Awak Kapal Hilang saat Kebakaran Maersk Honam di Laut Arab


PEMUDA MARITIM – Kapal petikemas Maersk Honam berbendera Singapura mengalami kebakaran ketika dalam perjalanan dari Singapura ke Terusan Suez dengan memuat 7.860 petikemas setara 12.416 TEUs pada hari Selasa 6 Maret 2018, pukul 15.20 GMT sekitar 900 mil laut tenggara Salalah, Oman, Laut Arab.

Sebanyak 23 awak kapal berhasil dievakuasi, dari operasi pencarian dan penyelamatan yang dilakukan oleh Angkatan Laut dan Penjaga Pantai India, sebanyak empat awak Maersk Honam dilaporkan hilang, satu meninggal dunia setelah dievakuasi.

Adapun dari 27 anggota awak kapal Maersk Honam terdiri kewarganegaraan India (13), Filipina (9), Rumania (1), Afrika Selatan (1), Thailand (2) dan Inggris (1).

Seperti dikutip themaritimepost.com, setelah gagal dalam usaha pemadaman kebakaran, kru mengirimkan sinyal bahaya dan 23 awak kapal dievakuasi ke kapal terdekat (ALS Ceres), yang tiba di tempat kejadian sekitar pukul 18.30 GMT. Sayangnya, empat anggota awak tetap hilang. Api di kapal Maersk Honam terus berlanjut dan situasi kapal genting.

“Dengan sangat menyesal, kami menerima kabar Maersk Honam dan empat anggota kru hilang. Saat kejadian, kami melakukan operasi penyelamatan dengan mengubah rute dan bantuan ALS Ceres yang bertindak cepat atas panggilan darurat kami,” jelas Søren Toft, Chief Operating Officer dan Anggota Dewan Eksekutif, AP Moller – Maersk.

Untuk diketahui selain ALS Ceres, kapal petikemas MSC Lauren, Edith Mærsk dan Gerd Mærsk di Laut Arab telah mengalihkan rute mereka dan mendekati Maersk Honam yang sedang terbakar guna memberi pertolongan, hari Rabu pagi tanggal 7 Maret 2018 waktu setempat.

Dikabarkan saat kejadian kebakaran dari dalam salah satu kargo di kapal Maersk Honam, kondisi cuaca di wilayah Laut Arab cukup baik.

Sementara penyebab api saat ini belum diketahui. Maersk Line masih menyelidiki penyebab kebakaran pada kapal Maersk Honam yang dibangun tahun 2017 secara menyeluruh bekerjasama dengan semua pihak otoritas terkait.



Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply