Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » BKI Garap Peluang Kerjasama Maritim Dengan Singapura


PEMUDA MARITIM –  Potensi bisnis di sektor maritim masih sangat menjanjikan di kawasan Asia tenggara, khususnya di beberapa negara Asean yang memiliki jalur perdagangan cukup padat seperti negara singapura. Salah satu pengelolaan perdagangan bisnis yang menarik, seperti pengelolaan layanan pelabuhan. Pelabuhan di singapura menjadi tempat singgah sekitar 140 ribu kapal angkutan barang setiap tahunnya dan mampu menghubungkan sebanyak 600 pelabuhan dunia di 123 Negara.

Direktur Utama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), DR. Rudiyanto dan Laksdya TNI (Purn) Fred Lonan selaku Staf Khusus Menteri Koordinator Kemaritiman, bersama beberapa Vice President BKI berkesempatan melakukan kunjungan ke MPA Singapura. Pada kunjungan tersebut BKI diterima oleh Capt Daknashamoorthy Ganasen, Director of Marine MPA Singapura, yang didampingi oleh Mr Goh Chung Hun, Deputy Director (Shipping), dan Mr Princet Ang, Asst Director (Port State Control).

Pada kesempatan tersebut, Rudiyanto menjelaskan : "Kami datang kesini (red-singapura) bersama Kemenko Maritim sebagai perwakilan Pemerintah Indonesia, dalam rangka melakukan kunjungan rutin meneruskan komunikasi yang berjalan baik selama ini. Pertemuan ini menjadi penting karena juga kesempatan bagi MPA dan BKI melakukan diskusi langsung terkait peningkatan hubungan kerja kedua institusi yang di mediasi oleh Kemenkomaritim”, jelas Rudiyanto.

BKI juga berkesempatan menjelaskan beberapa capaian perkembangan terakhir terkait otorisasi statutoria dari Pemerintah RI bagi kapal berbendera Indonesia yang berlayar internasional termasuk Singapura. Dengan otorisasi yang berlaku mulai tanggal 9 April mendatang ini, maka ke depannya pemeriksaan kapal Indonesia oleh MPA Singapura, dapat menggandeng BKI sebagai mitra strategis jika diperlukan atas klarifikasi atau survey tindak lanjut.

BKI menegaskan komitmennya untuk bekerjasama lebih erat lagi dengan MPA Singapura, dalam hal tindak lanjut pemeriksaan Port State Control (PSC), bidang teknis untuk pemenuhan persyaratan kapal Indonesia yang masuk ke Singapura, maupun diskusi terkait implementasi terhadap regulasi internasional. Dimana saat ini, Indonesia dan Singapura merupakan anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) Kategori C yang sangat aktif dan memiliki Pengaruh cukup kuat di IMO.

Capt. Ganesh selaku pihak yang mewakili MPA sangat mengapresiasi kunjungan ini, dan berharap agar kerjasama yang telah terjalin selama ini antara MPA dan BKI (melalui Kantor Cabang BKI di Singapura) dapat kian di tingkatkan dengan lebih baik lagi, termasuk peningkatan dalam hal jasa inspeksi Port State Control (PSC) oleh MPA Singapura yang mengelola Pelabuhan terbesar kedua di dunia yang menangani 30,59 juta TEUs peti kemas.


Sumber: Humas BKI

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply