Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Ditjen Hubla Dukung Layanan 24/7 dan Inaportnet secara Konsisten di Pelabuhan Tanjung Priok


PEMUDA MARITIM – Ditjen Perhubungan Laut akan terus mendukung dan menciptakan pelabuhan Tanjung Priok menuju pelabuhan kelas dunia dalam memberikan pelayanan mudah, cepat, transparan dan murah kepada para pengguna jasa transportasi laut.

Salah satunya memastikan program pelayanan 24/7 dan Inaportnet di Pelabuhan Tanjung Priok diterapkan secara konsisten.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Arif Toha menindaklanjuti arahan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi untuk terus mendukung program 24/7 dan Inaportnet.

Ditjen Perhubungan Laut akan memastikan layanan Inaportnet di Pelabuhan Tanjung Priok diterapkan secara konsisten dengan meningkatkan pengawasan dan menyediakan layanan pengaduan.

“Sesuai arahan Menhub, Pelabuhan Tanjung Priok akan terus memacu peningkatan layanan di Pelabuhan Tanjung Priok dan memastikan layanan Inaportnet diimplementasikan secara konsisten serta peningkatan pengawasan juga menyediakan layanan pengaduan,” kata Arif.

Sebelumnya, pada kunjungan kerja di Pelabuhan Tanjung Priok, Minggu (4/3), Menhub Budi Karya Sumadi meminta Pelabuhan Tanjung Priok memberikan pelayanan yang mudah, cepat, transparan dan murah.

Lebih lanjut, Arif menjelaskan perubahan signifikan yang terjadi setelah penerapan Inaportnet secara konsisten di Pelabuhan Tanjung Priok. Penerapan aplikasi Inaportnet yang sudah berjalan sangat mendukung terwujudnya pelayanan kepelabuhanan yang mudah, cepat, transparan dan murah.

“Pelayanan cepat terlihat dari adanya perubahan pada proses kapal tiba/berangkat yang sebelumnya dilakukan manual yang membutuhkan waktu 6 jam untuk datang menemui petugas. Kini Inaportnet, proses kapal tiba/berangkat hanya memakan waktu 30 menit,” tuturnya.

Menurut Arif, sebelumnya pembayaran Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) labuh harus datang ke loket dan pengurusan Delivery Order (DO) online harus datang ke kantor pelayaran, Bank dan terminal yang membutuhkan waktu 1 – 3 hari.

“Namun dengan adanya Inaportnet, pembayaran PNBP labuh terintegrasi dengan Simponi sehingga tidak perlu datang ke loket. Begitu juga dengan pelayanan DO online hanya memakan waktu 10 menit tanpa perlu antri dan datang,” ujarnya.

Bahkan Inaportnet V.2, melaporkan kapal tiba/berangkat bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Semua prosedur DO online dilakukan menggunakan aplikasi. Tracking dan Tracing posisi kapal dan barang dengan mudah dapat dilakukan melalui Inaportnet V.2.

Arif Toha juga menjelaskan bahwa Pelabuhan Tanjung Priok telah beroperasi 24/7 untuk menunjang dan mendukung kelancaran arus barang.

“Kami telah menerbitkan surat edaran serta mensosialisasikan kepada semua instansi pemerintah dan pelaku usaha terkait di Pelabuhan Tanjung Priok yang terkait dengan proses penerimaan dan keluarnya barang dengan memberikan pelayanan selama 7 hari dan 24 jam 24 jam sehari dan 7 hari seminggu,” pungkasnya.



Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply