Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» »Unlabelled » Pantai Banyu Tibo Pacitan


PEMUDA MARITIM – Kabupaten Pacitan, tempat kelahiran mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, punya banyak pantai yang nggak cuma cantik, tapi juga unik. Ada pantai dengan air terjun langsung ke pantai, ada batu Sphinx, ada batu yang mirip wajah perempuan. Nah, kali ini kita akan membahas Pantai Banyu Tibo.

Keunikan pantai ini adalah adanya air terjun kecil yang berasal dari sungai yang jatuh langsung ke pasir pantai. Sesuai namanya, Banyu Tibo yang berarti “air jatuh/terjun”. Memang bukan cuma satu-satunya. Fenomena ini ada juga di Pantai Banyu Anjlok di Kab.Malang, Pantai Jogan di Gununkidul, Pantai Toroan di Madura, ada juga di TN Alas Purwo, Teluk Ijo Banyuwangi, Tapanuli Sumut, Kep.Anambas Riau, Blitar, Lombok. Tapi tetap saja pantai di Desa Widoro, Kec.Donorojo ini unik dan patut didatangi.

Lokasi jatuhnya air terjun membentuk cerukan yang nggak terlalu luas. Kita bisa menikmatinya dari atas saja (baik dari sisi kiri maupun kanan), atau pas air surut kita juga bisa turun mendekati air terjun (sudah dibuat anak tangga) dan main-main di pasir pantainya. Datanglah di atas jam 1 siang saat air sudah surut. Kita juga bisa berenang di pantainya. Bisa sewa pelampung seharga Rp 20.000. Ada penjaga pantai juga yang berjaga.

Jangan cuma berpuas diri main di sekitaran air terjunnya, tapi langkahkan kaki ke sisi kanan karena di situ ada area berbatu karang yang kena debur-debur ombak. Tapi hati-hati ya, jangan sampai keseret ombak. Semua area tebing karang di sini diberi pagar, tapi anak-anak harus terus diawasi. Dan siap basah terkena sambaran ombak kalau ke area ini.



Sumber: mytrip.co.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply