Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Pantai Watu Karung


PEMUDA MARITIM – Kabupaten Pacitan, tempat kelahiran mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, punya banyak pantai yang nggak cuma cantik, tapi juga unik. Ada pantai dengan air terjun langsung ke pantai, ada batu Sphinx, ada batu yang mirip wajah perempuan. Nah, kali ini kita akan membahas Pantai Watu Karung.

Nah, pantai yang satu ini juga panjang dan luaasss banget! Masing-masing ceruk pantai punya nama yang berbeda sih. Tapi secara keseluruhan disebut Pantai Watu Karung karena berada di Desa Watu Karung, Kec.Pringkuku.

Bermula dari ujung timur, adalah Pantai Karung, tempat Sungai Cokel yang berpasir hitam bermuara. Jalan sedikit ke arah barat, melewati celah tebing karst, terdapat Pantai Sirah Towo. Pasir putihnya di sini agak kasar. Lanjut lagi ke barat, ada Pantai Jantur. Pasir putihnya lebih halus. Terus lagi, tepat di depan resor bernama Desa Limasan ada Pantai Ngalur Ombo. Pantai inilah yang menjadi pusat keramaian kompleks Pantai Watu Karung karena ada highlight berupa pulau karang yang berbentuk kepala perempuan dengan rambut keriting terurai. Saat sunset motret ke arah pulau karang ini keren banget!

Di pantai ini juga sering terlihat para peselancar menunggang ombak karena ombaknya memang berkelas dunia. Menjadi favorit para peselancar mancanegara, tak heran di depan pantai ini juga ada beberapa resor dan berjejer banyak warung makan. Sampai ke ujung barat, mentok ada bukit. Naikilah bukitnya, nggak susah kok. Dari sini kita bisa melihat keseluruhan garis pantai.


Jarak dari Kota Pacitan

Kelima pantai di atas berada di luar Kota Pacitan (tapi masuk Kabupaten Pacitan) dengan jarak 25-40 km ke arah barat, sekitar 1-1,5 jam berkendara dari Kota Pacitan. Sedangkan kalau dari Kota Yogyakarta, pantai-pantai ini bisa ditempuh 3,5-4 jam berkendara, melewati Jl. Raya Jogja-Wonosari, Kota Wonosari, dan kawasan Gunungkidul. Dari Solo juga sekitar 3,5-4 jam berkendara.


Cara ke Pacitan

Walaupun Pacitan masuk Provinsi Jawa Timur, tapi jangan menjadikan Surabaya sebagai gerbang masuknya ya! Kalau dari Jakarta, kota yang dituju adalah Yogyakarta ataupun Solo, karena lebih dekat ke Pacitan dibandingkan Surabaya yang berjarak 270 km dari Pacitan. Dari Solo maupun Yogya ke Pacitan +/-100 km.



Sumber: mytrip.co.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply