Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Pulau Gili Ketapang, Pulau Cantik yang Ada di Tengah Laut


PEMUDA MARITIM – Pulau Gili Ketapang merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di antara pulau Jawa dan Madura. Pulau ini terletak 5 Mil di tengah laut dari Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo. Sayangnya untuk saat ini belum ada jembatan penghubung yang menghubungkan kedua pulau tersebut. Selain itu juga masih belum tersedia kapal penumpang yang beroperasi ke wilayah tersebut. Namun demikian, apabila wisatawan ingin berkunjung ke pulau tersebut, wisatawan dapat menggunakan kapal motor kecil untuk sampai kesana. Jumlah dari perahu motor tersebut pun masih sangat terbatas.


Suasana di Pulau Gili Ketapang

Karena lokasi nya yang agak sedikit sulit dijangkau membuat pulau cantik ini sangat sepi, alias belum banyak pengunjung yang singgah. Mayoritas penduduk yang menghuni pulau ini sebagian besar adalah keturunan Madura yang berprofesi sebagai nelayan. Ombak pantai di pulau ini cukup tenang, di lengkapi dengan hamparan pasir putih yang membentang luas, warna air laut yang nampak biru, serta warga setempat yang ramah membuat suasana Wisata pulau Gili Ketapang terasa sangat damai dan menyenangkan.

Ada satu hal yang agak di sayangkan, yaitu banyaknya sampah yang berserakan tepat di bibir pantai. Kehadiran sampah sampah ini selain mengganggu pemandangan, juga dapat merusak kelestarian pulau ini. Di tambah dengan piaraan kambing milik warga yang berada di tepi pantai, terkadang membuat pengunjung merasa sedikit kurang nyaman. Menurut beberapa warga setempat, hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan.


Asal Usul Pulau Gili Ketapang

Asal asal pulau ini tidak terlepas dari mitos masyarakat yang mengatakan bahwa pulau tersebut dapat bergerak hingga ke tengah laut. Pulau ini pada mula nya berlokasi di satu daratan yang sama dengan daratan yang ada di Desa Ketapang. Kemudian, setelah peristiwa meletusnya Gunung Semeru, daratan yang ada di Desa Ketapang itu pun akhirnya terbelah dan terpisah satu sama lain. Salah satu daratan yang terpisah ini membentuk pulau pulau kecil dan salah satu nya yaitu Pulau Gili Ketapang ini.  Pulau tersebut bergerak ke tengah laut hingga sejauh 5 Mil.


Lokasi Pulau Gili Ketapang

Secara administratif, pulau ini masih termasuk dalam Kabupaten Probolinggo. Untuk lokasi tepatnya wisata ini berada di Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Sedangkan untuk rute penyeberangan dimulai dari pelabuhan Tanjung Tembaga. Lama waktu penyeberangan ini kurang lebih memakan 1 jam.



Sumber: tabloidwisata.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply