Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Tingkatkan Wawasan Kemaritiman, Perwakilan Menwa Seluruh Indonesia Kunjungi KRI Tanjung Nusanive-973


PEMUDA MARITIM – 57 orang resimen mahasiswa (Menwa) dari tiga puluh universitas di 16 Provinsi, berkunjung ke KRI Tanjung Nusanive-973 yang sedang sandar di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (27/2).

Kunjungan para anggota resimen mahasiswa ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan mereka tentang dunia kebaharian dan keangkatan lautan khususnya kapal perang TNI AL.

Dalam kunjungannya, para mahasiswa ini diterima oleh Komandan KRI Tanjung Nusanive-973 Letkol Laut (P) Dian Poernomo Sidhi yang diwakili oleh Perwira Pelaksana (Palaksa) yang turut menyampaikan kebanggaannya atas kedatangan para resimen mahasiswa dari berbagai daerah di seluruh Indonesia tersebut.

Dalam kunjungan ini, para Menwa diperkenalkan berbagai hal mengenai KRI yang berjenis Bantu Angkut Personil (BAP) ini, yang antara lain tentang tugas TNI AL dan Kolinlamil, garis besar kapal perang yang dikunjungi yang meliputi tugas pokok, negara asal pembuat, hingga spesifikasi teknis kapal perang yang termasuk ke dalam unsur Kolinlamil tersebut.

Para peserta yang sedang mengikuti Kursus Kader Pimpinan (Suskapim) Resimen Mahasiswa Angkatan ke-XXXVI tahun 2018 di Seskoal ini berkesempatan mengunjungi berbagai Kotama TNI sebagai bagian dari kegiatan kursus yang berlangsung hingga 3 maret 2018

47 orang mahasiswa dan 10 orang mahasiswi  ini diberi kesempatan untuk menonton film yang berisi rekaman kegiatan maupun profil yang berkaitan dengan kegiatan TNI AL, Kolinlamil, serta kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan tugas-tugas TNI AL sebagai penegak kedaulatan dan hukum di perairan yurisdiksi nasional Indonesia. Selain itu, kunjungan ini juga dimanfaatkan para mahasiswa ini untuk berkeliling melihat seluruh bagian kapal dan persenjataannya.

Para anggota menwa yang berasal dari DKI Jakarta, Jatim, Jateng, DIY, Bali, NTB, Sumsel, Sumbar, Sulsel, Kalimantan Tengah, Aceh, Jambi, Gorontalo, Riau, Sultra dan Sulteng mengaku sangat bangga bisa berkunjung ke salah satu kapal perang milik Kolinlamil ini.

Palaksa KRI Tanjung Nusanive-973 Mayor Laut (P) Widyo Sasongko menjelaskan bahwa sesuai perintah Panglima Kolinlamil, pihaknya membuka kesempatan kepada masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa untuk berkunjung ke kapal-kapal perang milik Kolinlamil sebagai bagian dari pembinaan wilayah potensi maritim sekaligus mendukung program poros maritim Indonesia.

"Kolinlamil siap menerima kunjungan  berbagai elemen masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa untuk mengenal kapal-kapal perang TNI AL dan menambah wawasan pengetahuan kemaritiman," ungkapnya.

Para anggota Menwa ini didampingi Letkol Laut (T) I Nengah Sukadana yang membawa mereka dari Seskoal sebagai lokasi kegiatan Suskapim.

Sementara itu, kegiatan Suskapim telah berlangsung sejak 19 Februari 2018 yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan kualitas para siswa dalam menghadapi persaingan di era globalisasi demi kemajuan bangsa dan Negara.

Dan kegiatan ini merupakan kesempatan yang berharga bagi peserta Suskapim untuk menggali ilmu pengetahuan yang sebanyak-banyaknya baik kegiatan di kelas, maupun kegiatan di lapangan.



Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply