Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Ayo ke Wisata Bahari Desa Tanah Merah


PEMUDA MARITIM – Sebagai salah satu desa perbatasan terluar yang langsung berhadapan dengan negara tetangga kita yaitu Negeri Jiran (Malaysia), Desa Tanah Merah mempunyai potensi wisata bahari yang menarik. Wisata bahari pantai Pesona Yang berada di pesisir Pulau Rangsang Desa Tanah Merah Kecamatan Rangsang Pesisir ini menjadi alternatif ekowisata di wilayah Kabupaten Meranti, di daerah ini terdapat perkampungan nelayan, Yang diberinama Dusun Parit Nelayan.

Objek Wisata Pantai Pesona Desa Tanah Merah ini sudah menjadi salah satu objek wisata desa yang selalu dikunjungi oleh para wisatawan yang datang ke Kabupaten Kepulauan Meranti, karena mereka penasaran dengan keindahan alam pantainya.

Selain pantai pesona banyak objek wisata lainnya seperti perkampungan suku akit ( Suku Pedalaman ) dan perkampungan orang cina,para turis juga bisa melihat dan bisa merasakan asimilasi kebudayaan, Para turis Juga bisa masuk dan melihat Vihara Datok Aji ,Vihara Naga Dua Ong yang  arsitekturnya sedikit berbeda dengan vihara-vihara lainya.

Bukan hanya keindahan pantai ini saja lewat jembatan yang panjangnya mencapai 1 km dari tebing menuju ke pantai para turis juga di suguhkan oleh ombak dan semilir angin laut, bahkan kalau kondisi alam bersahabat para wisatawan bisa melihat gunung banag negeri jiran Malaysia dan Pulau Temelas yang diapit oleh dua gunung yang berada di Tanjung Balai Karimun Provinsi Kepulauan Riau. Banyak hal yang bisa dilakukan dipantai ini bisa bermain bola,berenang dan melihat langsung para nelayan menangkap ikan ,udang dan reptil laut lainya.

Jarak tempuh perjalanan yang dilalukan oleh para pengunjung akan hilang ketika sudah berada dan melihat keindahan pantai tersebut, serta pengunjung juga dapat sambil bersantai menikmati makan yang ada..


Bapak Rusli selaku Kepala Desa Tanah Merah mengatakan “wisatawan Lokal biasanya berkunjung pada akhir pekan maupun pada waktu hari libur lainnya, hal inilah yang menjadi salah satu menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat desa, karena mereka dapat tambahan penghasilan dari hasil berjualan kepada para pengunjung”.

Pantai pesona ini sudah di kenal sejak lama,bahkan berdasarkan cerita orang-orang tua pantai pesona ini berasal dari sebuah legenda atau cerita rakyat, konon cerita dipantai pesona ini ada semacam cermin (Kaca tempat orang berhias) Makanya setiap turis yang datang pengen berlama -lama memandang keindahan pantai tersebut

Belum habis sampai di situ pengunjung bisa langsung melihat Jenis Makanan Laut yang langka seperti Belangkas (Koncor) Belangkas mencakup empat jenis hewan beruas yang menghuni perairan dangkal wilayah paya-paya dan kawasan mangrove. Kesemuanya merupakan anggota suku Limulidae dan menjadi satu-satunya wakil dari bangsa Xiphosurida yang masih hidup di bumi. Meskipun namanya itu lebih terkait erat dengan laba-laba dan kalajengking (semua berada di subphylum Chelicerata) dari pada kepiting. Mereka adalah satu-satunya spesies dalam genus Carcinoscorpius. Belangkas tidak banyak berubah sejak masa Ordovisium. Belangkas adalah makhluk tertua yang masih bertahan hidup hingga saat ini. Spesies ini paling awal yang merayap di laut dangkal, setidaknya 100 juta tahun sebelum dinosaurus ada. Jadi, mereka telah ada sejak 445 Juta tahun yang lalu.

Belum lengkap dan puas rasanya jika berkunjung ke Kabupaten Kepulauan Meranti tidak mampir ke Pantai Pesona Pulau Rangsang Desa Tanah Merah, karenanya luangkan waktu untuk menikmati keindahan alam daerah pesisir,



Sumber: tanahmerah-kepulauanmeranti.desa.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply