Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Persiapan Matang, Dive Kartini 2018 Siap Diluncurkan


PEMUDA MARITIM – Panitia pelaksana Dive Kartini 2018 melaporkan kesiapan mereka untuk melaksanakan ajang tersebut dalam rapat yang digelar Rupatama Yos Sudarso, Mako Lantamal V, Surabaya, Selasa (27/3).

Rapat ini sendiri merupakan salah tahapan untuk mematangkan persiapan panitia pelaksana yang berisikan para personel TNI AL dan anggota Pramuka Saka Bahari tersebut.

Ajang yang merupakan sinergi antara Pramuka Saka Bahari dan Lantamal V ini, memiliki agenda pengibaran bendera Merah Putih di dalam laut oleh 214 wanita penyelam di pantai Pasir Putih Situbondo pada Hari Kartini 21 April mendatang.

Rapat persiapan ini dihadiri oleh Wadan Lantamal V Kolonel Marinir Nana Rukmana, Asisten Potensi Maritim Danlantamal V Kolonel Laut (P) Atmu Edi, Ketua Panitia yang juga Aspers Danlantamal V Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati, para Pengurus Kwarda Saka Bahari Jatim, para Pengurus Kwarcab Saka Bahari Surabaya dan Situbondo, serta panitia terkait lainnya.

“Saya selaku Ketua Panitia dalam pelaksanaan Dive Kartini Pramuka Saka Bahari Lantamal V tahun 2018, sengaja menggelar rapat ini untuk memperoleh masukan-masukan yang terkait dengan Dive Kartini serta melaporkan kesiapannya kepada Komandan Lantamal V,” ujar Ketua Panitia Dave Kartini 2018 Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati.

Pengibaran bendera merah putih di bawah laut yang akan dilakukan oleh 214 wanita tersebut, melibatkan para penyelam wanita dari Saka Bahari Jawa Timur, Saka Bahari Lanal-Lanal jajaran Lantamal V, Kowal, Polwan, Possi Surabaya, Possi Malang, Possi Gresik, Poltek KP Sidoarjo, Komunitas selam Yogyakarta, Komunitas Selam Pasuruan, dan Komunitas Selam Situbondo.

Panitia juga berencana untuk mengundang peserta ke Kwarcab se-Jawa Timur serta di luar wilayah Jawa Timur seperti Lantamal III Jakarta, Lantamal VI Makassar, Lantamal VIV Sorong, Lanal Palembang, dan Lanal-lanal lainnya.

Pemasangan tiang bendera setinggi 21 meter direncanakan akan dipasang pada tanggal 17 April mendatang. Gladi akan dilaksanakan pada tanggal 18 April, dan untuk tim yang berasal dari luar Lantamal V akan melaksanakan latihan pada tanggal 15 s.d 16 April 2018.

Sedangkan Tim gabungan Kowal dan Saka Bahari Lantamal V telah melaksanakan latihan selam mulai tanggal 14 Maret 2018 di Kolam Renang Pasiran dan Krida Tirta Juanda (Kodiklatal) serta latihan selam di Pasir Putih pada 17-19 April 2018 mendatang.

Ketua panitia yang pada kesehariannya menjabat sebagai Aspers Danlatamal V ini juga menambahkan bahwa tujuan dilaksanakannya Dive Kartini Pramuka Saka Bahari Lantamal V tahun 2018 adalah mewarisi semangat juang Kartini dalam membentuk karakter wanita Indonesia untuk meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme serta menimbulkan kecintaan kepada NKRI yang berjiwa bahari.



Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply