Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Kelebihan Wisata Bahari Indonesia yang Sangat Cocok Untuk Dikunjungi


PEMUDA MARITIM – Wisata bahari merupakan salah satu hal yang sangat penting di indonesia. Keberadaan wisata bahari sendiri memang tak bisa dipisahkan begitu saja dengan keberadaan wilayah lautan di Indonesia yang memang lebih luas. Sebagai negara kepulauan maka Indonesia secara alami memiliki potensi wisata bahari yang cukup besar. Selain itu banyak sekali wisata bahari di Indonesia yang bisa kita kunjungi. Setiap tempat dari pulau-pulau yang ada di Indonesia pasti memiliki potensi wisata baharinya sendiri.

Kita ambil contoh beberapa tempat wisata di bali dan tempat wisata di Lombok yang memang sangat terkenal dengan pantainya yang sangat menakjubkan. Keindahan pantai di Indonesia memang sudah tak perlu kita ragukan lagi. Karena hal tersebutlah perkembangan wisata bahari di Indonesia bisa tergolong cukup cepat. Hal ini juga disebabkan karena kelebihan wisata bahari di Indonesia yang memang cukup banyak. Kelebihan yang membuat potensi wisata bahari Indonesia menjadi sesuatu hal yang harus diperhatikan dan dikembangkan. Potensi wisata bahari kita bisa dikatakan cukup bersaing dengan potensi wisata alam yang berada di daratan seperti wisata pegunungan, wisata air terjun, wisata gua, wisata desa, dan wisata-wisata lain yang memang berada di darat.

Wilayah Indonesia yang lebih besar di dominasi oleh wilayah laut ini memang sangat menarik banyak sekali wisatawan. Selain itu keberadaan dukungan dari pemerintah yang ada sehingga membuat keberadaan wisata bahari menjadi sebuah hal yang sangat menarik untuk dilakukan. Potensi wisata di Indonesia sendiri memang tak terbatas pada pantai saja. namun hingga keindahan bawah lautnya yang tak bisa di abaikan begitu saja. indonesia dengan wilayah perairan yang besar membuatnya sebagai salah satu lokasi destinasi wisata yang bertaraf internasional.

Hal ini juga menjadi salah satu output atau efek yang timbul dari kelebihan wisata bahari Indonesia yang sangat besar. Kelebihan tersebut tak hanya bisa ditemukan dalam bentuk-bentuk nyata. Kelebihan tersebut sendiri dapat berwujud dalam berbagai bentuk sesuai dengan ketentuan dan kelebihan yang ada. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh wisata bahari Indonesia yang ada adalah sebagai berikut.


1. Ragam Wisata Bahari yang Banyak Jenisnya

Telah kita katakan sebelumnya bahwa Indonesia adalah sebuah negara bahari yang besar dan banyak sekali memiliki potensi wisata yang ada. Potensi dan ragam wisata bahari Indonesia yang ada tak hanya terbatas pada tempat-tempat yang telah dijadikan destinasi wisata. Namun, ada pula tempat-tempat wisata bahari tersendiri yang masih tersembunyi dan tak banyak diketahui.

Potensi seperti itulah yang sebenarnya menjadi sebuah hal yang semakin membuat potensi wisata kita tak pernah terhenti. Apalagi jika kita melihat banyak sekali jenis wisata bahari di Indonesia yang sangat berbeda satu sama lain. Setiap wisata bahari yang ada di indonesia memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang selalu berbeda. Namun, satu hal yang pasti adalah setiap pantai yang ada di Indonesia sendiri merupakan tempat yang sempurna untuk dapat menikmati sunset terbaik di Indonesia. Keberagaman tersebutlah yang membuat para wisatawan tak pernah bosan dengan wisata pantai di Indonesia.

Apalagi ada beberapa pantai di Indonesia yang terkenal sebagai tempat surfing terbaik, seperti contohnya beberapa pantai di tempat wisata di banyuwangi. Beberapa pantai di selatan pulau jawa memang memiliki ombak yang cukup besar. Hal inilah yang sering dimanfaatkan oleh para peselancar untuk memacu adrenalin mereka. Pantai dengan ombak-ombak terbaik telah menjadi semacam hal yang wajib dikunjungi oleh peselancar baik nasional dan internasional. Keberadaan potensi olah raga air merupakan salah satu jani potensi yang dimiliki oleh wisata bahari Indonesia.


2. Potensi Keindahan Bawah Laut

Kelebihan wisata bahari Indonesia yang lain adalah potensi keindahan bawah lautnya yang bisa dikatakan sangat beragam dan sangat menarik. Keindahan pesona bawah laut di Indonesia memang merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Beberapa tempat wisata bawah air tersebut telah menjadi spot scuba diving yang cukup terkenal.

Ada beberapa tempat scuba diving terbaik di Indonesia yang bisa kita kunjungi untuk menikmati keindahan bawah lautnya yang akan sangat menakjubkan. Keberagaman satwa laut yang dapat kita lihat dan dapat kita nikmati merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan. Keindahan bawah laut di Indonesia bukanlah hal yang hanya dipelajari diatas kata-kata saja. Keindahan bawah laut di Indonesia merupakan sebuah pengalaman yang harus kita rasakan langsung dan menyelam sendiri.

Beberapa tempat dengan keindahan bawah laut yang sangat terkenal adalah tempat wisata di Raja Ampat Papua, tempat wisata di Bunken dan masih banyak lagi tempat wisata bahari lain yang tak kala indahnya. Beberapa lokasi tersebut bahkan telah diakui oleh dunia menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang sudah bertaraf Internasional. Pengakuan tersebut seharusnya menjadi semacam pendorong bagi kita untuk semakin menjaga keaslian dan keadaan dari tempat tersebut.


3. Fasilitas yang Memadai

Fasilitas pendukung masih merupakan sebuah keberadaan yang sangat penting. Saat ini bisa dikatakan beberapa tempat wisata telah membangun dan memperbaiki fasilitas penduduk yang mereka miliki. Perbaikan fasilitas ini sendiri pastinya akan semakin membuat banyak lokasi wisata tersebut kembali dilirik untuk dijadikan destinasi wisata baru yang cukup menarik.

Perbaikan yang dilakukan tak hanya terdapat pada tempat-tempat wisata lama, namun juga dilakukan pada lokasi wisata baru yang masih harus mendapatkan perhatian secara khusus dari pemerintah. Fasilitas pendukung yang baik akan semakin cepat membuat tempat wisata baru yang ada semakin terkenal.  Pembangunan fasilitas pendukung tersebut tak hanya diperhatikan oleh pemerintah pusat saja, namun juga diperhatikan oleh pemerintah daerah yang berkaitan.


4. Akses yang Mudah

Beberapa lokasi wisata bahari di Indonesia sendiri memang bisa dikatakan memiliki kemudahan untuk mengakses lokasi tersebut. Namun, tak dapat dipungkiri juga bahwa ada beberapa lokasi wisata yang masih agak susah untuk diakses wisatawan. Sebagian besar pusat wisata bahari di Indonesia merupakan lokasi yang sudah sangat mudah untuk diakses oleh wisatawan. Hal ini berhubungan erat dengan pembangunan dan perbaikan dari fasilitas serta infrastruktur yang mendukung keberadaan dari lokasi tersebut. Akses yang mudah tersebut membuat beberapa lokasi wisata bahari yang ada di Indonesia menjadi sangat cepat untuk dikenal khalayak ramai.

Selain beberapa kelebihan yang disebutkan di atas masih ada beberapa kelebihan lain yang dimiliki oleh wisata bahari di Indonesia seperti:

  1. Transportasi yang memadai
  2. Keanekaragaman satwa bawah laut yang banyak
  3. Banyak spot wisata yang menjadi tempat wisata bertaraf internasional
  4. Menjadi salah satu penyumbang pendapatan daerah dan penduduk sekitar lokasi wisata.


Itulah tadi beberapa kelebihan wisata bahari di Indonesia yang bisa kalian ketahui. Keindahan wisata bahari di Indoensia adalah sebuah tanggung jawab yang besar untuk kita jaga. Jika kalian berkunjung maka sebaiknya ikut serta menjaga kelestarian tempat tersebut. Semoga informasi tadi bermanfaat.



Sumber: tempatwisataunik.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply