Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Berenang Bersama Hiu Paus hingga Gunung Berapi Bawah Laut, Ini 3 Spot Diving Ekstrem di Indonesia


PEMUDA MARITIM – DIVING atau menyelam merupakan salah satu aktivitas wisata yang kian diburu wisatawan mancanegara ketika mengunjungi Tanah Air. Bagaimana tidak, sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki beragam spot diving terbaik yang tersebar di berbagai daerah. Mulai dari Sabang sampai Merauke.

Uniknya, setiap spot memiliki keistimewaan tersendiri yang mungkin tidak bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke negara lain. Seperti Pantai Botubarani yang kerap dijadikan tempat untuk berinteraksi dengan hiu paus. Dilansir Okezone dari berbagai sumber, berikut 3 spot diving dan wisata ekstrem yang ada di Indonesia.


Gunung api bawah laut Banua Wuhu di Sulawesi Utara

Banua Wuhu merupakan gunung api yang pada awalnya memiliki ketinggian mencapai 400 meter dari permukaan laut. Menurut sejarah, pada tahun 1800-an awal, ketinggian gunung ini sudah mencapai 90 meter hingga akhirnya benar-benar tenggelam dari permukaan laut pada tahun 1935. Saat ini, Gunung Banua Wuhu menjadi salah satu spot diving favorit wisatawan karena menyuguhkan pemandangan bawah laung yang sanga eksotis. Para wisatawan dapat melihat langsung terumbu karang yang mengeluarkan gelembung-gelembung udara dari perut gunung tersebut. Nah, jika Anda tertarik menyambingnya, Lokasi Gunung Banua Wuhu terletak di Pulau Mahangetang, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.


Berenang bersama hiu paus di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo

Dalam lima tahun terakhir ini, Pantai Botubarani di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, mendadak menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan nusantara maupun mancanegara. Selain menyuguhkan pemandangan yang indah dan menenangkan, para pengunjung juga bisa berenang dan berinteraksi dengan hiu paus atau whale shark. Kelebihan tempat ini adalah lokasinya yang mudah diakses, yaitu hanya 20-30 meter dari bibir pantai. Tidak hanya itu, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp15 ribu per orang untuk menyewa perahu dan Rp10 ribu untuk umpannya. Murah bukan? Nah, beberapa waktu lalu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga sempat mengunjungi Pantai Botubarani untuk mencoba langsung sensasi berenang dengan hiu paus.


Diving bersama pari manta di Raja Ampat

Indonesia memiliki 3 spot diving terbaik untuk melihat pari manta secara langsung. Salah satunya adalah Raja Ampat. Di tempat ini ada manta point yang bisa diselami, tepatnya di kawasan Kapisawar. Sayangnya, para wisatawan harus memiliki sertifikat diving jika ingin menikmati keindahan alam yang ada di perairan Raja Ampat. Menurut penduduk lokal, waktu terbaik untuk melihat pari manta adalah pukul 12.00-14.00 WIT. Tidak perlu khawatir, pari manta bisa Anda jumpai pada musim apapun sepanjang tahun.



Sumber: okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply