Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Pantai Bondo, Sensasi Wisata Pasir Putih di Jepara


PEMUDA MARITIM – Tak harus ke Pulau Bali untuk menikmati pantai pasir putih. Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, adalah salah satu daerah yang memiliki destinasi wisata bahari yang menawarkan sensasi pasir putih.

Beberapa pantai sudah dikelola oleh Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Desa setempat. Pantai Bondo adalah salah satu pesisir yang patut jadi rujukan untuk para wisatawan yang butuh refreshing.

Selain pantainya berpasir putih, Pantai Bondo juga menawarkan keindahan panorama alam.

Bukan hanya laut biru membentang. Jika beruntung, wisatawan juga dapat melihat gugusan pegunungan Muria yang elok dipandang mata.

Terletak di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, pantai yang airnya jernih itu, akan memanjakan pengunjung untuk bermain air. Terlebih ombaknya juga tidak begitu besar, sehingga pengunjung bisa nyaman berenang sepuasnya.

Tidak terlalu sulit untuk mencari lokasi pantai ini. Dari Pendopo Kabupaten Jepara, wisatawan bisa mengambil jalan ke arah utara sekitar 17 kilometer dengan mengikuti petunjuk arah Tayu dan Bangsri.

Perjalanan dengan kendaraan pribadi, bisa ditempuh dalam waktu 30-45 menit saja.

Sesampainya di lampu merah Mlonggo, masuk ke lokasi Pantai Bondo, sesuai petunjuk arah.

Rasa lelah di perjalanan akan langsung terbayar begitu menginjakkan kaki di pasir yang putih bersih.

Di Pantai Bondo, sejauh mata memandang laut biru menghampar luas dengan pasir putih yang dibingkai oleh hijau dan rimbunnya pepohonan pandan samak yang rindang.

Pengunjung yang datang ke Pantai Bondo, memang tak seramai Pantai Kartini dan Pantai Bandengan, yang telah menjadi ikon wisata bahari "Kota Ukir" Jepara.

Pantai Bondo, biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap akhir pekan dan hari libur nasional.

Kebanyakan pengunjung datang bersama keluarga dan kerabatnya, ada pula muda mudi yang datang bersama pasangannya.

Pantai di ujung timur laut kota kelahiran RA Kartini ini mulai dikenal wisatawan luar kota.

Basuki (48), warga Pekalongan, Jateng, datang bersama keluarganya untuk menikmati libur akhir pekan, Sabtu (5/5/2018).

Bersama istri dan anaknya, dia juga mengajak adik dan keponakannya untuk berlibur di Pantai Bondo.

"Jauh-jauh dari rumah, tidak rugi. Airnya bersih dan jernih. Segar sekali. Pikiran jadi fresh. Capek di perjalanan langsung terobati," kata Basuki.

Menurutnya, pemandangan Pantai Bondo sangat menakjubkan. Melihat pantai nan biru, jernih dan bersih, akan menggoda kita untuk segera berlari masuk ke air dan berenang.

"Pantai ini istimewa. Cocok buat liburan keluarga. Gak kalah lho dengan Pantai Pandawa maupun Kuta Bali," ujarnya.

Lelah dan haus selepas bermain air di pantai? Jangan khawatir, banyak warung yang berjejer rapi di tepi pantai, dengan aneka minuman dan kudapan. Jadi, pengunjung tak perlu khawatir akan kehausan atau kelaparan.

Sembari menunggu anak-anak atau saudara kita berenang di pantai, pengunjung bisa duduk di kursi yang disediakan oleh para pemilik warung.

Tempat duduk yang ditata sedemikian rupa dan terlihat artistik, semakin memanjakan pengunjung.

Saat duduk menunggu, kita pun bisa menikmati deburan ombak dan merasakan angin sepoi dibawah pohon pandan sebagai peneduh.

Pengunjung lainnya, Raisul Hakim warga Mlonggo, Jepara, mengaku setiap akhir pekan datang ke Pantai Bondo bersama istrinya, Nurul Fadhilah.

Pasangan yang baru menikah itu menikmati libur akhir pekan terutama sore hari hingga malam hari.

"Lebih bagus lagi view sore hari Mas. Kita bisa melihat sunset. Apalagi di malam hari, kita bisa melihat kelap kelip lampu PLTU Jepara, seperti kunang-kunang, indah banget," katanya.

Melihat pengunjung asyik berenang di pantai dan berlarian mengejar ombak, Kompas.com mencoba ikut berendam di Pantai Bondo, membaur bersama pengunjung lainnya.

Dan memang benar, airnya betul betul jernih dan bersih, sehingga dasar pantai berupa pasir putih terlihat jelas.

Satu jam berenang masih terasa kurang, inginnya berlama lama berendam, menikmati segarnya air di pantai ini.

Selain akhir pekan dan libur nasional, Pantai Bondo akan rame di kunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar daerah, terutama pada Jumat Wage, sesuai penanggalan Jawa. Ribuan pengunjung akan memadati pantai pasir putih itu.

Warga mempercayai bahwa hari pasaran Wage memiliki magnet spiritual lebih dan khasiat yang luar biasa.

Konon, bagi siapa pun yang mandi di Pantai Bondo akan awet muda, mudah dapat jodoh, hilang segala penyakit, serta dijauhkan dari bala (nasib sial).

Petinggi Desa Bondo (Kepala Desa), Purwanto, menuturkan, wisata Pantai Bondo terus berbenah terutama infrastruktur dan sarana penunjang lainnya, untuk kepuasan pengunjung.

"Kedepannya, ada homestay dan fasilitas lainnya. Saat ini, baru tahap pembenahan, " tuturnya.

"Untuk penarikan retribusi memang belum dimaksimalkan. Tiket masuk diberlakukan saat libur nasional dan Jumat Wage. Satu orangnya Rp 2.500. Kalau lebaran nanti Rp 10.000," imbuhnya.

Selain berwisata bahari di Pantai Bondo dengan panorama alamnya, pengunjung juga dapat melakukan wisata religi dengan berziarah ke makam Mbah Suto Bondo yang dipercaya sebagai tokoh kiriman dari kerajaan Yogyakarta.

Jadi, siapkan ransel anda dan ajaklah keluarga ke Pantai Bondo, Jepara. Nikmati panorama alam nan indah dan rasakan sensasi mandi di pantai berpasir putih.



Sumber: kompas.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply