Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » » Kembali Digelar, Obrolan Bahari Angkat Tema Membangun Indonesia dari Pesisir


PEMUDA MARITIM – Semarang (11/12) DPD KNTI Kota Semarang kembali akan mengelar kegiatan Talk Show  Obrolan Bahari dengan tema “Membangun Indonesia dari Pesisir” dengan narasumber seorang pakar antropologi maritime, Dedi S Adhuri. Humas KNTI Semarang, Hendra Wiguna mengungkapkan pemilihan tema guna menggugah semangat serta mendorong arah baru pembangun bangsa dan Negara.

“Setelah tema wirausaha untuk pemuda dan peranan wanita, selanjutnya kita pilih tema Membangun Indonesia dari Pesisir. Kita harus mendorong kesadaran bahwa pembangunan bangsa dan Negara ini harus mulai dari pesisir.” Terang Hendra

Selama ini kegiatan Obrolan Bahari berhasil memikat berbagai kalangan untuk hadir, namun yang terbesar adalah dari kalangan pemuda. 

Lanjut Hendra, Kegiatan ini memang diharapkan dapat dijadikan sebagai kelas pembelajaran serta pendorong pemuda yang ada di kota semarang dan sekitarnya untuk peduli terhadap masyrakat pesisir.

Senada dengan Hendra, Staf Bidang pengembangan KNTI Kota Semarang, Erdina Astrid mengatakan pemuda adalah penggerak perubahan, karena pemuda umumnya mau menyalurkan apa yang mereka punya, terutama ilmunya  tanpa ada embel-embel meminta imbalan.

“Pemuda cenderung memiliki banyak ide dan lebih inovatif. Indonesia juga sebentar lagi akan mendapatkan bonus demografi, dimana jumlah pemudanya lebih banyak dibandingkan jumlah penduduk usia tua. Kalau banyak pemuda yang mau berpartisipasi dalam pembangunan, kemajuan Indonesia bisa menyamai Thailand dan Malaysia. Itu lah kenapa pemuda harus harus ikut andil dalam pembangunan.” Terang Erdina

Lanjut Erdina, Wilayah laut Indonesia itu besar, tapi kesejahteraan masyarakat pesisir yang umumnya berprofesi sebagai nelayan cenderung memprihatinkan. Banyak yang masih hidup dibawah garis kemiskinan dan bahkan di masa paceklik terjerat hutang.

“Menurut saya apabila potensi pesisir, bukan hanya potensi SDA-nya tapi juga SDM dan teknologi perikananya juga dikembangkan secara maksimal, negara kita bisa menjadi eksportir ikan dan negara pengonsumsi ikan yang bisa menyamai Thailand (di Asia Tenggara) ataupun Jepang di beberapa tahun mendatang dan masyarakat pesisir bisa lebih sejahtera dalam hal ekonominya.” Tegas Erdina yang merupakan mahasiswa UNDIP

Lanjut Erdina, Saya berkeyakinan bahwa apabila  masyarakat Indonesia terutama generasi mudanya mau menyumbangkan ilmunya untuk lingkungannya, maka Indonesia bisa menjadi negara yang maju. Oleh karena itu, menurut saya, yang harus dilakukan pemuda untuk masyarakat pesisir adalah menyalurkan ilmu yang sudah di dapat di bangku sekolah atau kuliah dengan masyarakat disana. Bisa melalui pendidikan, pendampingan dan konseling bisnis kreatif, penyuluhan mengenai hal-hal terkait perikanan dan lain-lain.

“Saya yakin apabila banyak pemuda yang tergerak untuk turun ke komunitas sekitar, Indonesia bisa lebih baik lagi kedepannya dan kemiskinan pun bisa menurun.” Jelas Erdina
(AR)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply